Rakornis KKP Tahun 2019 – 4 s.d 5 Desember 2019

Dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Strategis Pembangunan Kelautan dan Perikanan Tahun 2020 – 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KKP Tahun 2019. Rakornas KKP yang mengangkat tema “Mewujudkan Indonesia Maju Melalui Sektor Kelautan Perikanan” yang digelar untuk mencari jalan keluar masalah Kelautan dan Perikanan di Indonesia tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Sebagai bentuk kesepakatan, Bapak Menteri KKP bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menandatangani beberapa MoU, diantaranya antara KKP Kemenhub tentang sinergitas pelayanan publik, khususnya dalam hal peningkatan kualitas SDM, percepat perizinan kapal perikanan, pengawasan karantina ikan, dan penataan zona pelabuhan, serta penandatanganan MoU antara KKP BPJS tentang kerja sama program jaminan sosial ketenagakerjaan di sektor KP. Ketua Umum AP5I Budhi Wibowo menyampaikan kepada Dirjen Tangkap beberapa hal yang menjadi fokus utama di AP5I, yaitu :

  1. Pelarangan berbagai alat tangkap, mohon ditinjau kembali dengan melakukan kajian akademis yang melibatkan nelayan dan akademisi.
  2. Penyederhanaan prosedur catch sertitikat.
  3. Ijin kapal angkut berpendingin dikeluarkan oleh kemenhub dan diperbolehkan mengangkut semua jenis produk beku ( ikan, ayam , daging, sayur dll ) sehingga biaya angkut menjadi efisien.

Harapannya adalah semua program yang dibuat agar tujuan utama dari industri perikanan di Indonesia bisa terwujud, dan industri perikanan di indonesia mempunyai daya saing yang unggul, tidak hanya dari volume, namun juga dari kualitas daya saing dari SDM, biaya, teknologi, produk dan pelayanan yang bernilai tambah.

Tinggalkan Balasan