Rapat Tindak Lanjut Hasil Pertemuan ASEAN SPS Contact Point ke VIII – 3 Juli 2020

Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian mengadakan Rapat secara virtual melalui zoom untuk membahas Tindak Lanjut Hasil Pertemuan ASEAN SPS Contact Point ke-8 tanggal 29 Juni 2020 dan ASEAN Committee on SPS ke-10 tanggal 30 Juni 2020, dan Rencana Pembentukan Komite Nasional SPS. Pertemuan tersebut diselenggarakan melalui Video Conference oleh Brunei Darussalam selaku Host Country. Dari Indonesia diikuti oleh beberapa kementerian terkait yaitu Kementerian Pertanian, BKIPM ( KKP ), BPOM, dan Kementerian Perdagangan.  Rapat diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari kementerian terkait, KADIN, dan Asosiasi terkait. Rapat dibuka oleh Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan.

Point penting pertemuan ASCP ke-8 yang perlu ditindaklanjuti adalah :

  • 4.2   Protocol 8 – AFAFGIT: Sanitary and Phytosanitary of the ASEAN Framework Agreement on the Facilitation of Goods in Transit

Indonesia telah menyampaikan update Undang-Undang & peraturan ke Sekretariat ASEAN tanggal 26 Juni 2020.

Indonesia perlu mereview kembali Lampiran Protocol 8 – AFAFGIT: Sanitary and Phytosanitary of the ASEAN Framework Agreement on the Facilitation of Goods in Transit.

  • 5.1   Implementation of SPA for ASEAN Cooperation on SPS under SOM-AMAF 2016-2020

Indonesia telah menyampaikan update List of Indonesia’s ASCP Contact Point ke Sekretariat ASEAN pada tanggal 25 Juni 2020.

  • 5.3   ASEAN Single Window (ASW)

Indonesia telah menyampaikan ke Sekretariat ASEAN pada tanggal 29 Juni 2020 feedback terhadap matriks mengenai kesiapan Indonesia untuk melakukan end-to-end test pertukaran e-Certificate untuk e-Phyto Certificate, e-Animal Health Certificate, e-Food Safety Certificate.

Sedangkan point penting pertemuan AC-SPS KE-10 yang perlu ditindaklanjuti :

  • 5.2. Monitoring activities related to the implementation of Article 84 (Equivalence) and Article 85 (Cooperation) of the ATIGA
  • 5.4.  Consultation to incidents and problems related to SPS measures
  • 5.5   The ASEAN SPS Information Management System

Indonesia telah menyampaikan update daftar peraturanterkait SPS ke Sekretariat ASEAN tanggal 25 Juni 2020.

  • 6.1   AC-SPS Contact Points and National Experts

Indonesia telah menyampaikan update List of Indonesia’s AC-SPS CP & National Expert ke Sekretariat ASEAN tanggal 28 Juni 2020.

  • 6.2   AC-SPS Email List

Indonesia telah menyampaikan update Indonesia’s AC-SPS Email List ke Sekretariat ASEAN tanggal 28 Juni 2020.

  • 7.1  Mid-Term Review (MTR) of AEC Blueprint 2025

Indonesia harus menyampaikan justifikasi atas keberatan untuk menghapus action line No. 27 (Streamline procedures and Reduce requirements for Certificates, Permits and Licenses to import or export) ke Sekretariat ASEAN paling lambat 6 Juli 2020

  • 7.2  General Review of the ATIGA

Indonesia telah mengisi Questionnaire namun belum menyampaikan ke CCA karena masih menunggu masukan dari beberapa Kementerian terkait dalam hal ini BKIPM ( KKP ) dan BPOM.

Tinggalkan Balasan